image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Memori Manusia dan Kera Ternyata Mirip

Reynold Sumayku/NGI.

Memori manusia dan kera ternyata banyak kesamaan yang diketahui sebelumnya.

Para ilmuwan menemukan bukti bahwa kera dapat mengingat berbagai bentuk sederhana dalam memorinya. Kera bahkan dapat menggunakan ingatannya tersebut serta menuangkannya dalam gambar pada komputer berlayar sentuh.

Dalam studi terbarunya, Robert Hampton dan Benjamin Basile dari Emory University, melatih lima ekor kera untuk melakukan sebuah tes. Mereka dilatih agar dapat "menggambarkan" ulang sebuah bentuk sederhana berupa dua atau tiga kotak dalam sebuah grid pada layar sentuh.

Setelah diberi waktu jeda, sebagian kotak tadi tampil kembali di tempat yang berbeda dari sebelumnya. Kelima kera itu harus "menggambar" kotak-kotak lainnya dengan menyentuh layar untuk menentukan posisinya.

Ternyata, mirip manusia, kera juga memiliki daya ingat yang tidak jauh berbeda dengan manusia, bahkan dalam kondisi yang dirancang memiliki banyak kesamaan sekalipun. Kemampuan untuk memanggil kembali ingatan yang tersimpan pun semakin lama semakin memburuk dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun yang terpenting, kera terbukti mampu mentransfer memori mereka terhadapa bentuk-bentuk baru, tidak hanya terbatas pada bentuk-bentuk yang mereka pelajari pada saat latihan.

Temuan ini merupakan bukti nyata bahwa seperti manusia, kera juga memiliki memori untuk mengingat sesuatu dalam jangka waktu cukup lama. Fungsi memori seperti ini berguna untuk mengingat hal-hal yang terjadi ataupun ada di masa lalu. Perannya juga penting dalam perencanaan, meningkatkan kemampuan navigasi, perilaku sosial, dan kemampuan kognitif lainnya. (Sumber: Science Daily). Agung Dwi Cahyadi (Sumber: nationalgeographic.co.id)