image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Aneka Biota Langka di Pegunungan Mekongga

Foto: Hans Hillewaert

Lebih dari sepuluh biota air tawar langka ditemukan peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di kawasan Pegunungan Mekongga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Berdasarkan temuan ini, peneliti LIPI menganjurkan agar kawasan Pegunungan Mekongga harus dilindungi.

Studi peneliti LIPI Reny Kurnia Hadiaty sementara ini mendata ada 13 biota langka di kawasan sungai pegunungan Mekongga. Daisy Wowor, peneliti LIPI, mengatakan bahwa sebagian besar biota tersebut termasuk Krustasea. "Untuk dua jenis biota air tawar, udang dan kepiting, kami belum melihat atau menemukan data yang sama dengannya di wilayah ekosistem lain, di luar kawasan Pegunungan Mekongga, sehingga kami masih perlu menelitinya lebih lanjut," tutur Daisy.

Tapi, menurut dia, mereka harus membandingkan dengan jenis spesies lain yang pernah ditemukan di perairan air tawar Pulau Sulawesi, meski dugaan sementara terhadap hasil penelitian adalah biota-biota ini merupakan temuan baru.

Reny pun menambahkan, "Kawasan pegunungan Mekongga ini harus dilindungi karena menyimpan potensi yang sangat berarti bagi kehidupan manusia dan kepentingan ilmu pengetahuan. Ada indikasi perkembangan populasi biota air tawar di kawasan terancam karena ulah masyarakat mengekploitasi sumber daya alam ini dengan cara tidak ramah lingkungan." Oleh Gloria Samantha (Sumber : nationalgeographic.co.id)