image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Kupu-kupu Ini Setengah Jantan Setengah Betina

Kupu-kupu setengah jantan setengah betina. (BBC).

TEMPO Interaktif, London - Seekor kupu-kupu langka yang baru bermetamorfosis di Museum Sejarah Alam di London, Inggris, belum lama ini mengundang perhatian publik. Bayangkan saja, setengah tubuh binatang indah itu berpenampilan jantan dan setengah lainnya betina yang terbagi secara simetris.

Gynandromorphs, begitu para ilmuwan menyebutkan istilah teknis untuk makhluk-makhluk langka itu. Dan kemungkinan gynandromorps di dunia ini hanya 0,01 persen akibat kegagalan kromosom seks kupu-kupu.

BBC Nature, 12 Juli 2011, menunjukkan foto kupu-kupu langka itu. Tampak jelas perbedaannya. Sebelah bagian tubuh kupu-kupu yang diduga jantan didominasi sayap berwarna hitam. Adapun sebagian lainnya dihiasi motif sayap berwarna merah, putih, dan kuning.

Berdasarkan catatan pengelola Museum Sejarah Alam London, Luke Brown, inilah ketiga kalinya kelahiran kupu-kupu langka ini dari total 300 ribu kupu-kupu yang telah bermetamorfosis di museum itu. "Ini bisa dijadikan cermin pengunjung untuk lebih luas memandang hidup," kata Brown. RUDY (Sumber: www.tempointeraktif.com)