image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Lapisan Es Kutub Utara Dekati Rekor Terendah

US Navy

Pencairan es di Kutub Utara tahun ini sangat cepat, mendekati rekor tertinggi yang terjadi pada tahun 2007. Demikian hasil pengamatan Roshydromet, sebuah lembaga lingkungan hidup dari Rusia.

Dilaporkan pada Kamis (4/8) lalu, jumlah wilayah yang tertutup es sudah berkurang 50 persen dari rata-rata. Jumlah es saat ini sekitar 2 juta kilometer persegi, di bawah rata-rata dari 1979 sampai 2000. Luas es yang terukur bahkan porsinya jauh di bawah luas laut Rusia di bagian Kutub Utara, seperti Laut Kara (56 persen), Laut Laptev (40 persen), Laut Chukchi (35 persen), dan Laut Timur Siberia (14 persen). Es dikatakan hanya menutupi area sekitar 6,8 milyar kilometer persegi.

Para peneliti menyatakan bahwa mencairnya Kutub Utara merupakan efek perubahan iklim global terjadi dengan intensitas bervariasi setiap tahunnya. Mereka juga menemukan, tahun ini es mulai mencair antara dua minggu dan dua bulan lebih awal dari biasa. Hal ini menandakan jumlah keseluruhan es yang mencair sepanjang tahun bisa jadi lebih besar. (Sumber: Daily Mail) OLEH GLORIA SAMANTHA (Sumber: www.nationalgeographic.co.id)