image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Unjuk Gigi, Bikin Burung Cepat Mati

Chlamydotis undulata/houbara.com

KOMPAS.com — Makin banyak berpikir, mengonsumsi alkohol dan rokok, makin cepat manusia mengalami penuaan. Hampir sama dengan manusia, makin sok unjuk kegantengan di depan betina, jantan dari spesies burung Chlamydotis undulata juga makin cepat mengalami penuaan.

Setidaknya, itulah hasil penelitian Brian PrestonPreston dari University of Burgandy, Perancis. Ia meneliti kaitan perilaku Chlamydotis undulata jantan untuk menarik betina dengan jumlah dan kualitas sperma burung yang dihasilkan.

Diketahui, jantan Chlamydotis undulata memiliki kebiasaan memamerkan bulu putih di bagian depan tubuhnya sambil berlari memutar dengan kecepatan tinggi. Kegiatan itu bisa berlangsung selama 18 jam per hari dan bisa menyita energi 10 persen dari massa tubuh.

Dari analisa 158.799 ejakulasi spesies burung itu, didapatkan hasil bahwa burung berusia muda yang gencar menarik perhatian betina memiliki jumlah dan kualitas sperma yang lebih baik. Ini berlangsung hingga burung berusia 6 tahun.

Setelah itu, walaupun burung mati-matian menarik perhatian betina, namun jumlah dan kualitas sperma menurun hingga 85 persen. Sperma kurang aktif dan banyak sel yang kurang sempurna. Akibatnya, kemungkinan membuahi pun lebih sedikit.

Preston mengatakan, apa yang terjadi pada Chlamydotis undulata membuktikan bahwa jika berlebihan saat muda, maka di hari tua akan menuai hasilnya. "Ini adalah burung yang setara dengan mereka yang suka menghabiskan waktu di bar dan nightclub tiap akhir pekan," kata Preston.

Hasil penelitian Preston dipublikasikan dalam versi online jurnal Ecology Letters yang terbit Senin (1/8/2011) lalu. Preston menggambarkan hasil penelitiannya sebagai salah satu bentuk penuaan yang didapatkan pada hewan. Sumber: LIVESCIENCE (Sumber: www.kompas.com)