image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Komodo "Modo-Modi" Maskot SEA Games XXVI

MI /Rommy Pujianto/vg

Kupang - Komodo (Varanus komodoensis) memang tidak pernah berhabitat di Sumatera Selatan apalagi di metropolitan Jakarta. Tapi reptil purba endemik Nusa Tenggara Timur itu dijadikan sebagai maskot SEA Games XXVI yang akan digelar di Kompleks Olahraga Jakabaring, Sumatera Selatan, dan Jakarta.

Karena itulah Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya, akan ke Jakarta untuk menyerahkan maskot komodo --dinamakan Modo-Modi-- itu kepada Presiden Susilo Yudhoyono. "Besok (Jum`at, 9/9 --Red.), maskot komodo sebagai maskot SEA Games akan saya serahkan ke Presiden," kata Lebu Raya kepada wartawan di Kupang, Kamis (8/9).

Penyerahan maskot tersebut akan dilakukan Gubernur Nusa Tenggara Timur bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng pada puncak Hari Olahraga Nasional, Jum`at (9/9). "Komodo akan semakin terkenal dan jadi momentum promosi luar biasa. Saya berterima kasih sekali kepada pemerintah dan presiden yang percayakan komodo sebagai maskot SEA Games," kata Lebu Raya.

Pemerintah telah meluncurkan maskot SEA Games pada 25 April 2011 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Komodo Modo-Modi sebagai maskot resmi SEA Games yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

SEA Games 2011 akan dilaksanakan pada 11-25 November diikuti ribuan atlet dari 11 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Total cabang olahraga yang dipertandingkan dan diperlombakan atau eksebisi sebanyak 43 cabang.

Dari sisi kepentingan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lebu Raya menyatakan, "Kita berharap momentum ini bisa menjadi peluang bagi Nusa Tenggara Timur dalam bidang pariwisata."

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Timur Abraham Klakik, secara terpisah di Kupang mengatakan, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata segera mengkampanyekan komodo sebagai salah satu keajaiban dunia di dua benua yaitu Australia dan Amerika Serikat. "Walupun telah ditarik sebagai salah satu finalis New7Wonders, namun Indonesia tetap mengkampanyekan komodo sebagai keajaiban dunia," kata Abraham.

Sesuai agenda Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, menurutnya, kampanye komodo akan dilaksanakan 9 September 2011 di Sidney, Australia, dan pada 22-24 September 2011 akan dilakukan di Chicago, Amerika Serikat, dengan tema kegiatan The Real Wonder of The World.

Menurut dia, cita-cita menjadikan Taman Nasional Komodo sebagai New7Wonders of Nature berakhir antiklimaks, karena pemerintah menarik Taman Nasional Komodo sebagai finalis pemilihan tujuh keajaiban alam terbaru.

Penarikan ini karena pihak penyelenggara dianggap tidak profesional, kredibel, konsisten dan transparan, serta tidak memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Meski telah mengundurkan diri dari kompetisi New7Wonders, Taman Nasional Komodo tetap diakui dunia sebagai warisan dunia. "Sejak tahun 1991 sudah mendapatkan status World Heritage yang keberadaannya telah diakui oleh masyarakat dunia melalui lembaga resmi yang kredibel yaitu UNESCO," kata Abraham. [EL, Ant] (Sumber: www.gatra.com).