image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Lomba Menggambar Dalam Rangka HKSAN 2011

Para Juara Lomba Menggambar Dalam Rangka HKSAN 2011 /Balai TN.Babul/Iqbal Abadi Rasjid

BANTIMURUNG, tn-babul.org —  Indonesia merupakan sebuah negara yang tersusun atas 17.508 pulau, membentang di antara benua Asia dan Australia. Secara geografis terletak diantara 6° 08’ LU - 11° 15’ LS dan 94° 45’ - 141° 05’ BT. Sebagai negara kepulauan yang berada pada garis khatulistiwa dan mempunyai iklim tropis, Indonesia sangat subur dan memiliki kekayaan alam yang luar biasa.

Oleh karena itu, sejak kecil anak-anak Indonesia pun telah disadarkan oleh pengertian bahwa negara ini kaya akan sumberdaya alam. Sebuah lagu menyebutkan bahwa Indonesia diibaratkan sebagai :”....tanah surga, dimana tongkat, kayu dan batu jadi tanaman”. Bangsa Indonesia menyebut negaranya secara romantis sebagai “Untaian Zamrud Khatulistiwa”. Kehijauan dan Kekayaan Alamnya memang seindah untaian zamrud. Selain berupa daratan seluas 1,9 juta kilometer persegi, wilayah Indonesia juga meliputi lautan yang memiliki luas empat kali lebih besar dari luas daratannya yakni 7,9 juta kilometer persegi (81% dari total luas wilayah Indonesia).

Sumber daya alam (SDA) adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraannya. Berdasarkan bentuk atau wujudnya, sumberdaya alam dapat dibagi atas dua macam, yaitu hayati dan non hayati. Sumber daya alam dikatakan hayati bila terdiri atas unsur-unsur hidup seperti tumbuhan, satwa, mikroorganisme lain, sedangkan sumber daya alam non hayati berasal dari unsur-unsur mati seperti batu, tanah, air, udara dan lain-lain.

Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Sumberdaya Alam Nasional (HKSAN) Tahun 2011, Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung bekerjasama dengan Lembaga Pecinta Alam Himpunan Pemuda dan Pelajar Indonesian (LPA HPPMI) Kabupaten Maros melaksanakan kegiatan Lomba Menggambar Tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan Lomba Menggambar ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 17 September 2011 bertempat di Baruga Utama Kawasan Wisata Bantimurung, yang diikuti siswa-siswi kelas 3 hingga kelas 5 SD yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah Sebagai media sosialisasi efektif bagi anak usia dini tentang keanekaragaman hayati yang ada di Taman Nasional Bantimurung serta ajang kreativitas siswa-siswi SD dalam menginterpretasikan kekayaan sumberdaya alam Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung melalui media gambar.

Persyaratan Lomba Menggambar

Ketentuan Lomba Menggambar dalam rangka Hari Konservasi Sumberdaya Alam Nasional Tahun 2011, antara lain :
1.    Tema Lomba “ Cinta Alam”
2.    Peserta hanya dapat menggunakan media gambar yang disiapkan panitia;
3.    Alokasi waktu menggambar selama 2 jam;
4.    Selama mengikuti Lomba, peserta tidak boleh didampingi oleh wali/pendamping;
5.    Peserta diwajibkan memakai seragam yang disiapkan oleh panitia;
6.    Penilaian didasarkan atas: kesesuaian tema, perpaduan warna dan finishing yang baik.
7.    Keputusan Dewan Juri bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

Dewan Juri

Dalam kegiatan ini, Dewan Juri Lomba Menggambar “Hari Konservasi Sumberdaya Alam Nasional” Tahun 2011 berasal dari kalangan praktisi dan profesional diantaranya :
1.    Badan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Maros, yang diwakili oleh H. Muhmammad Artar ;
2.    Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, yang diwakili oleh Bapak Irman;
3.    Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Maros, yang di wakili oleh Drs. Muh. Syamsir, M.Pd;
4.    Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, yang diwakili oleh Prawito Wibowo*.

Hasil Lomba Menggambar

Berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri, ditetapkan juara lomba menggambar dalam rangka Hari Konservasi Sumberdaya Alam Tahun 2011 Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung sebagai berikut :

No. Uraian Nama/Utusan Hadiah
1. Juara I Andi Nurhidaya/SDN 30 Maros Trophy + Sertifikat, Uang Pembinaan (Rp. 400.000,-)
2. Juara II Nur Jihan Aulia/SDN 30 Maros Trophy + Sertifikat, Uang Pembinaan (Rp. 300.000,-)
3. Juara III Magfirah Ramadhani/SDN 31 Maros Trophy + Sertifikat, Uang Pembinaan (Rp. 200.000,-)
4. Juara Harapan I Ismail Sulhaji/SDN 3 Maros Trophy + Sertifikat, Uang Pembinaan (Rp. 100.000,-)
5. Juara Harapan II Cheline Melinda Trophy + Sertifikat, Uang Pembinaan (Rp. 100.000,-)
6. Juara Harapan III Bj. Andini Fadiyah Trophy + Sertifikat, Uang Pembinaan (Rp. 100.000,-)

{gallery}http://www.flickr.com/photos/tn-babul/sets/72157628437702409/:17:195:155:0:2:jquery_colorbox:Elegant{/gallery}

Penulis dan Dokumentasi: Iqbal Abadi Rasjid