image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Merah Putih Di Puncak Bulusaraung

Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Gunung Bulusaraung /KPA OGAN Maros.

BANTIMURUNG, tn-babul.org —  Udara pagi masih menusuk dinginnya tulangnya, sekelompok anak-anak muda sudah bergegas menuju puncak Gunung Bulusaraung. Mereka adalah anak-anak muda yang tergabung dalam kelompok pecinta alam yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Hari ini, tanggal 17 Agustus 2011, mereka berkumpul di puncak Gunung Bulusaraung pada kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dengan semangat kecintaan akan alam dan kepedulian terhadap lingkungan. Mereka berkumpul untuk melakukan upacara bendera sembari mengibarkan sang Merah Putih Raksasa di Puncak Bulusaraung. Dua minggu sebelumnya, informasi pengibaran bendera merah putih raksasa di puncak Gunung Bulusaraung disebarkan oleh Kelompok Pecinta Alam OGAN Maros melalui situs jejaring sosial dan mendapat apresiasi yang cukup baik dari beberapa kelompok pecinta alam (KPA) yang ada di sekitar wilayah sulawesi dan beberapa yang berasal dari Jawa dan Papua. Kegiatan pengibaran bendera raksasa pada puncak Gunung Bulusaraung diawali dengan kedatangan peserta upacara sehari sebelum pengibaran bendera, kemudian mereka berkumpul dan melakukan briefing di Pos 9 jalur pendakian ke puncak Gunung Bulusaraung.

oh iya…. bagi teman-teman yang belum mengetahui kondisi jalur pendakian Gunung Bulusarauang, berikut sekilas tentang jalur pendakian ini. Jalur pendakian Gunung Bulusaraung termasuk jalur pendakian yang cukup ringan, terdapat 9 pos pemberhentian untuk menuju puncak. Masing-masing pos terdapat gazebo yang dapat di gunakan sebagai tempat untuk melepas lelah. Pos 9 merupakan lokasi yang sangat ideal dan favorit bagi para pendaki untuk berkemah. Kelebihan pos 9 adalah Selain cukup dekat dengan puncak gunung Bulusaraung, di tempat ini kita juga dapat menemukan sumber air untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih selama bergiat di kawasan ini.

Tepat pukul 10.00 WITA para anggota kelompok pecinta alam telah berkumpul dan bersiap melakukan upacara “tujuh belas-an” di Puncak Gunung Bulusaraung. Ada yang unik dari kegiatan ini, selain ukuran bendera yang cukup besar, para peserta juga menggunakan berbagai macam pakaian, mulai dari pakaian daerah, batik, pakaian sekolah, jas almamater, hingga pakaian hansip. Walau pakaian yang digunakan beraneka ragam namun memiliki satu tujuan yakni mengibarkan bendera merah putih raksana yang berukuran 8 m x 12 m di puncak gunung Bulusaraung. Bagi mereka inilah momentum terbaik yang bisa kami berikan bagi ibu pertiwi dalam memaknai Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2011. Semoga bakti kami bagi negeri dapat bermanfaat utamanya bagi kelestarian alam Indonesia. Dirgahayu Indonesia... Merdeka!!!!

Kelompok pecinta alam yg terlibat dalam upacara pengibaran bendera raksasa ke-3 HUT RI KE-66 yg diikutikurang lebih 120 peserta dri beberapa KPA dan MAPALA diantaranya :

* OPA OGAN MAROS ( PELAKSANA )
* OPA GHUMBE MAROS
* LPA HPPMI MAROS
* KPA KATRO
* SMA ANGKASA MAROS
* FPL MKASSARA
* SOSPEAR PANGKEP
* NAZARAD MAKASSAR
* DIRJAPA MAROS
* SATPOL PP MAROS
* DECINALAR MAKASSAR
* RESTU BUMI NUSANTARA MAKASSAR
* KAPATRA GOWA
* KPA ALTAR
* MAPALA ITB BANDUNG
* PPRG DEWA INDONESIA PALU
* GEMPA LOWUTIM LUWU TIMUR

{gallery}http://www.flickr.com/photos/tn-babul/sets/72157628437538659/:17:195:155:0:2:jquery_colorbox:Elegant{/gallery}

Penulis Iqbal Abadi Rasjid, Dokumentasi: KPA OGAN Maros