image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Cicilan Utang LN Dialihkan untuk Konservasi

Hutan konservasi yang ditanam secara swadaya oleh komunitas OFM Capusin di Bukit Tunggal, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (22/12/2010). Hutan seluas 100 hektar ini merupakan upaya menghadirkan kembali nuansa firdaus yang hilang akibat pembalakan liar /KOMPAS/A HANDOKO.

JAKARTA, KOMPAS.com- Pembayaran pinjaman program pemerintah Indonesia kepada pemerintah Amerika Serikat senilai 28,5 juta dolar Amerika Serikat dialihkan untuk mendanai program konservasi hutan di Kalimantan. Nota kesepahaman mengenai skema tersebut ditandatangani di Jakarta, Kamis (29/9/2011).

Pemerintah Indonesia dalam kesempatan itu diwakili Direktur Strategi dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Ayu Sukorini, sementara dari Pemerintah AS diwakili Acting Deputy Chief Mission Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia James Caruso.

Menurut Ayu, skema tersebut tidak menghapuskan kewajiban membayar utang Indonesia. Hal itu tetap harus dibayar sesuai jadwal. Namun, uangnya tidak dibayarkan ke pemerintah Amerika Serikat melainkan, ke Trust Fund yang akan mengelola dana untuk kegiatan konservasi di Indonesia.

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Kementerian Kehutanan Hartono, program konservasi dari dana pengalihan utang tersebut akan dilakukan di tiga kabupaten di Kalimantan, yakni Kapuas Hulu, Kutai Barat, dan Berau.

Bentuk konservasinya antara lain restorasi hutan dan peningkatan ekonomi masyarakat lokal. (Sumber: www.kompas.com)