image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Dua Species Baru Ditemukan Dalam Gua

Salah satu jenis Hipposideros

Indosiar.com, Tuban - (Selasa, 11.10.2011) Kelelawar kerap diidentikan dengan sosok pahlawan bertopeng Batman. Tapi apa yang ditemukan tim peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini amat jauh dari sosok Batman. Dari penelusuran ke puluhan lokasi goa, mereka menemukan dua jenis kelelawar species baru di Tuban, Jawa Timur yang terhitung langka hidup dalam goa disebuah desa terpencil.

Selain belum memiliki nama, dua jenis kelelawar hasil temuan tim riset Sologi LIPI ini juga belum pernah ditemukan didaerah lain. Kelelawar jenis baru ini memiliki daun hidung berbentuk anterior bundar mirip tapal kuda dengan warna pirang tanpa bulu. Sementara tubuh bagian atasnya berwarna coklat.

Tim riset Sologi LIPI menyimpulkan kelelawar ini masuk anggota kelompok barong dari suku hiposideside dengan ukuran tubuh bervareasi kecil hingga besar. Selain itu, kelelawar ini termasuk jenis pemakan serangga. Penemuan ini relatif mengejutkan mengingat tim peneliti telah melakukan riset dan survei kelelawar goa dikawasan Tuban, sejak tahun 2007 lalu.

Hingga kini tim LIPI dibantu sejumlah anggota LSM Cagar Tuban telah melakukan riset di 21 goa di perbukitan Kapur Tuban. (Safari Ranu Wijaya/Sup) (Sumber: www.indosiar.com)