image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

TN Babul Gandeng Fotografer Abadikan 7 Wisata Alam

Air Terjun Bantimurung | Foto: Indra Pradana.

MAROS,TRIBUN-TIMUR.COM-Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) memperkenalkan program pengembangan wisata alam lewat tagline "The Seven Wonders". Program ini menjadi salah satu upaya TN Babul untuk memperkenalkan berbagai tempat wisata alam yang berada di kawasan ini

Kasubag Tata Usaha Balai TN Babul, Dedy Asriadi dalam jumpa pers di Trans Coffee Maros, Jumat (7/3/2014) mengatakan, keberadaan berbagai tempat wisata di kawasan TN-Babul masih belum maksimal diketahui oleh masyaraka umum.

Terdapat 7 tempat wisata yang dikemas dalam The Seven Wonders itu, merupakan tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ke-7 tempat yang dikembangkan sebagai destinasi unggulan berada itu di 2 kabupaten, 5 diantaranya berada di Kabupaten Maros yakni Bantimurung, Leang-leang, Pattunuang, Karaenta, dan Leang Puteh. Sementara 2 lainnya berada di Kabupaten Pangkep, yakni Desa Wisata Tompobulu dan Leang Lonrong.

Untuk memperkenalkan dan mendokumentasikan 5 objek wisata yang berada di Kabupaten Maros kami menggandeng komunitas fotografi lokal, yakni Marfografi lewat kegiatan Phototours.

"Bantimurung dan leang-leang sudah dikenal sejak dulu, nah sekarang kita perlu perkenalkan pesona alam TN Babul yang lain, seperti bentangan karst dengan gugusan tebing batu yang menarik untuk jadi objek fotografi. Juga kawasan gua dan kawasan hutan lindung dengan satwa endemik yanga dI dalamnya," katanya.

Dilanjutkannya, Pattunuang juga adalah salah satu objek yang sangatmenarik, ditempat ini telah menjadi bagian dari lokasi petualang yang banyak dikunjungi para penikmat kehidupan alam bebas.

Selanjutnya ada, Karaenta dengan kelompok kera hitam endemik, Macaca maura yang dengan keahlian petugas khusus bisa memanggil kelompok kera yang langka ini. Juga ada Leang Puteh, yang merupakan gua vertikal yang dalamnya sampai 273 meter.

Sementara Manajer Phototours Marfografi-TN Babul, Syahril Boby mengungkapkan, menjadi suatu kebanggan diberi kesemoatan memperkenalkan dan mendokumentasikan 5 objek wisata TN Babul melalui Phototours ini. Jumpa pers "The Seven Wonders" ini dilanjutkan dengan pembekalan peserta Phototours, turut dihadiri pejabat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros. (makassar.tribunnews.com)