image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Anggrek Jamrud dari TN. Babul

Dendrobium macrophyllum di Demplot Anggrek Resort Balocci, SPTN Wil I, Balai TN. Bantimurung Bulusaraung (Foto: Hasrul)

Pangkep. tn-babul.org - Sebelumnya telah teridentifikasi 85 jenis anggrek alam (Orchidaceae) di TN. Bantimurung Bulusaraung pada tahun 2011 oleh Balai TN. Bantimurung Bulusaraung. Selanjutnya, pada tahun 2012 ekplorasi tumbuhan yang dilakukan LIPI, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor di TN. Bantimurung Bulusaraung menambah 5 jenis anggrek alam dalam daftar jenis anggrek alam menjadi 90 jenis anggrek alam.

Dari hasil laporan temuan Spesimen anggrek alam di TN. Bantimurung Bulusaraung oleh Hasrul (12/5/2014), teridentifikasi jenis Dendrobium macrophyllum. Jenis ini menambah daftar jenis anggrek alam TN. Bantimurung Bulusaraung menjadi 91 jenis anggrek alam.

Dendrobium macrophyllum yang juga dikenal dengan nama anggrek Jamrud ini merupakan jenis yang memiliki banyak variant dan termasuk jenis yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 1999. Penyebarannya sendiri sangat luas meliputi Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, Philippines, Sulawesi, Papua New Guinea, Kepulauan Solomon, Fiji, Caledonia Baru, Samoa, Santa Cruz, Vanuatu dan Kepulauan Caroline. (Jack)