image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

45 lokasi diajukan jadi Taman Wisata Dunia

Taman Nasional Bantimurung Bulusaurung (Foto: Adit).

Jakarta (ANTARA News) - Setelah melalui pertimbangan yang matang, Tim Seleksi The New9Wonderful mengajukan 45 lokasi untuk merebutkan predikat Kawasan Taman Wisata Dunia oleh masyarakat global.

Ketua tim seleksi The New9Wonderful Akhyarudin Yusuf di Jakarta, Kamis, mengatakan ke-45 calon peserta kegiatan tersebut merupakan perwakilan dari seluruh wisata alam unggulan di 34 provinsi yang layak bersaing untuk menjadi sembilan "IKON" dari Kawasan Taman Wisata Dunia.

Daftar calon peserta event ini telah diserahkan secara resmi ke pihak World Tourism Park Foundation (WTP Foundation) selaku pihak penyelenggara Event New9Wonderful untuk di kukuhkan sebagai peserta kegiatan.

"Kami optimistis ke-45 calon peserta event ini semuanya akan langsung di sah kan sebagai peserta event oleh pihak penyelenggara," kata Akhyarudin.

Sementara itu, Pendiri dan CEO WTP Foundation Daniel ILI mengatakan Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang layak mendapatkan predikat sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia karena hanya Indonesia lah yang memiliki keanekaragaman potensi wisata di dalam satu kawasan yang tidak dimiliki oleh negara manapun di dunia seperti wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, wisata buah, maupun wisata MICE.

"Kami juga menaruh apresiasi kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang sangat mendukung adanya gerakan kampanye New9Wonderful ini," ujar dia.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan perjanjian kerjasama dengan pihak Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Tachrir Fatoni pada 27 Oktober 2015, di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Peningkatan Promosi dan Pemasaran Pariwisata Alam Taman Nasional dan Taman Wisata Alam.

"Ini jelas akan memperkuat kampanye para peserta kegiatan New9Wonderful yang telah masuk di dalam perjanjian tersebut. Kami sebagai penyelenggara tentunya akan menindaklanjuti perjanjian kerjasama dengan pihak pemerintah Indonesia ini dengan cara menyiapkan sebuah sistem yang akan menggerakan seluruh potensi tersebut," ujar dia.

Kategori kepulauan:

Lokasi yang terpilih antara lain Kepulauan Anambas, Kepulauan Mandeh, Kepulauan Derawan, Kepulauan Seribu, Kepulauan Karimun Jawa, Kepulauan Gili Terawang, Kepulauan Togian, Kepulauan Wakatobi, Kepulauan Raja Ampat, dan Kepulauan Takabonerate.

Kategori pulau:

Antara lain Pulau Bunaken, Pulau Weh, Pulau Morotai, Pulau Enggano, Pulau Belitong, Pulau Seram, Pulau Nias, Pulau Komodo, dan Pulau Moyo.

Kategori gunung:

Antara lain Gunung Batur Kintamani, Gunung Krakatau, Gunung Gede Pangrango, Gunung Kartenz Pyramid, Gunung Merapi, Gunung Bromo Tengger Semeru, Gunung Rinjani, dan Gunung Kerinci.

Kategori danau:

Antara lain Danau Zambrud, Danau Singkarak, Danau Gunung Tujuh, Danau Sentarum, Danau Toba, Danau Sentani, dan Danau Kelimutu.

Kategori alam:

Diajukan Ujung Kulon, Betung Kerihun, Tanjung Puting, Bantimurung, Way Kambas, Kayan Mentarang.

Kategori umum:

Dajukan Sungai Musi, Pantai Olele, Teluk Cendrawasih, Sunga Barito, Teluk Mamuju. (Editor: Unggul Tri Ratomo) (www.antaranews.com)