image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Karst Maros-Pangkep Siap Dijadikan Geopark Nasional, Begini Persiapannya

Ketua Pelasana FGD Agus Ardianto Budiman memberikan penjelasan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Koordinator Maritim Dan Sumber Daya Republik Indonesia, bekerjasama dengan Pemrov Sulsel, dan Ikatan Keluarga Alumni Geologi Unhas, melaksanakan Focus Group Discussion (FGD), di ruang pertemuan BLHD Sulsel, Jumat (24/6/2016).

Koordinasi ini terkait dengan rencana persiapan Kars Maros - Pangkep menjadi Geopark Nasional.

Hadir dalam FGD itu, Deputi Bidang SDM Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Maritim dan Sumber Daya, Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA. Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tat Ruang Kementrian ESDM, sekaligus sebagai Ketua Task Force Geopark Indonesia, Dr. Ir. Yun Yunus Kusumahbrata, M.Sc. dan berbagai stake holder terkait yang berjumlah sekitar 50 orang peserta.

Ketua pelaksana FGD Agus Ardianto Budiman, yang merupakan alumni Geologi Unhas, memaparkan tujuan pelaksanaan FGD, untuk mensinergikan berbagai stake holder terkait agar upaya untuk mewujudkan Geopark Nasional dapat terwujud dalam waktu yang singkat.

"Dengan FGD hari ini, kami berharap akan mensinergikan berbagai kekuatan dari berbagai stake holder yang hadir dalam rangka mewujudkan segera destinasi geopark nasional di karst Maros Pangkep," ujarnya.

Dalam sambutannya, Deputi Menko Maritim Safri menjelaskan, manfaat terbentuknya destinasi geopark.

"Salah satu tujuan kami memfasilitasi terbentuknya destinasi geopark untuk mencegah kerusakan lingkungan dari aktifitas tambang, tambang-tambang yang ada silahkan berjalan sebagaimana mestinya, namun tidak boleh lagi menambah area tambang yang dapat merusak lingkungan", ungkap Dosen Geologi Unhas ini.

Geopark Nasional di Karst Maros - Pangkep diupayakan dapat terwujud maksimal dalam waktu dua tahun, tahap pertama yang akan dilakukan sebelum diusulkan adalah melengkapi dokumen-dokumen terkait dengan karst Maros - Pangkep. (news.rakyatku.com)