image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 71 di Puncak Gunung Bulusaraung

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 71 di Puncak Gunung Bulusaraung

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke 71, Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung menyelenggarakan upacara pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Bulusaraung (1353 mdpl) yang berada di wilayah Resort Balocci, SPTN Wilayah I.

Kegiatan ini untuk mengenang jasa-jasa pahlawan bangsa dan menyampaikan kepada generasi muda bahwa kemerdekaan negara bukanlah hadiah dari bangsa lain atau didapatkan dengan mudah melainkan dengan penuh perjuangan dan pengorbanan, dalam kegiatan ini disimbolkan dengan perjalanan penuh tantangan menuju puncak gunung untuk dapat mengibarkan sang merah putih di salah satu puncak tertinggi di kawasan TN. Babul. Diharapkan jiwa dan semangat kebangsaan tumbuh dalam diri generasi muda dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak antara lain Pemda Kab. Pangkep, Basarnas, dan gabungan kelompok-kelompok pecinta alam sulawesi selatan. Peserta kegiatan mencapai kurang lebih 1000 orang, untuk upacara dipuncak gunung sendiri dibatasi tidak lebih dari 150 orang mengingat daya dukung lokasi upacara yang terbatas. Tujuan lain dari pelaksanaan kegiatan ini juga untuk meningkatkan pelayanan pengunjung dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut :

1. Upacara bendera di puncak Gunung Bulusaraung

Dilaksanakan pada tanggal 17 agustus 2016, pukul 07.00 wita, pelaksana upacara petugas TN. Bantimurung Bulusaraung dan peserta upacara gabungan berbagai kelompok pecinta alam se Sulawesi Selatan.

2. Pameran konservasi

Dilaksanakan mulai tanggal 16 -17 agustus 2016 di Kantor Desa Tompobulu (Pos Pelayanan Pengunjung G. Bulusaraung). Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan potensi TN. Babul dan upaya-upaya konservasi kepada masyarakat dan pengunjung.

3. Penanaman bibit di area camping ground (pos 9)

Dilaksanakan di Pos 9 (area camping ground G. Bulusaraung) pada tanggal 17 agustus 2016 oleh peserta kegiatan untuk memulihkan area camping ground yang terbuka akibat ulah pendaki yang tidak mematuhi aturan batas area camping ground. Sebanyak 200 batang bibit yang ditanam dari jenis asli kawasan (nyamplung, bidara, coppeng).

4. Pemasangan batas pengaman

Dilaksanakan pada tanggal 17 agustus 2016 di sepanjang jalur pendakian yang rawan bahaya kecelakaan seperti tepi-tepi jurang dan batas camping ground.

Kegiatan tersebut diatas merupakan salah satu even rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di wilayah kerja SPTN Wil. I Pangkep pada tanggal 17 agustus dengan judul besar kegiatan “peningkatan pelayanan pengunjung pada hari libur (minggu ceria)”. Dengan masukan dari berbagai pihak diharapkan terwujudnya wisata pendakian Gunung Bulusaraung yang aman, nyaman, dan bermanfaat bagi seluruh pihak termasuk peningkatan PNBP bagi negara.

Penulis: Daniwari widiyanto, Ka. SPTN Wilayah I Pangkep – TN. Babul (ksdae.menlhk.go.id)