image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Meriahkan Hut RI Ke 72 Tahun, Upacara di Puncak Gunung Bulusaraung digelar

Meriahkan Hut RI Ke 72 Tahun, Upacara di Puncak Gunung Bulusaraung digelar.

Pangkep (17/08). Tak kurang 900 orang peserta terlibat dalam aksi ini. peserta tersebut berasal dari segenap stakeholder TN Bantimurung Bulusaraung yang terdiri dari Dinas Kebudayaan dan Pariswisata Pangkep, Aparat Desa Tompobulu, Kelompok Ekowisata (KPE) Dentong, PUSTU Tompobulu, KPA Maros  (HMPPMI Maros, OPA-Trans dan Salewangeng Maros), KPA Pangkep , SMK Negeri 1 Bungoro, SISPALA Makassar, beberpa komunitas seperti Compazt, profesi ners dan beberapa organisasi pecinta alam lainnya melalukan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke 72 di Puncak Bulusaraung.

Upacara berlangsung lebih awal. Tepat pukul 06.45 Wita upacara pengibaran bendera dimulai. Kepala SPTN wilayah I Balocci, Iqbal Abadi Rasjid selaku inspektur upacara peringatan HUT RI ke 72 ini di Puncak Gunung Bulusaraung.

Setelah upacara selesai para peserta melakukan aksi bersih sampah di areal camping ground yang berada di pos 9. Sampah yang dikumpulkan kemudian dibawa turun ke desa Tompobulu oleh masing-masing pendaki. Tak kurang dari 6 karung sampah yang berhasil dikumpulkan oleh para pendaki.

Pada pendakian kali ini juga diberlakukan SOP Pendakian yakni semua barang yang akan dibawa diperikasa petugas, kemudian dihitung potensi sampah yang ditimbulkan. Jika ada pendaki melanggar akan dikenakan sanksi berupa denda. Saat ini SOP Pendakian baru diterapkan 2 kali sebulan.

“Upacara di puncak gunung Bulusaraung ini adalah agenda tahunan TN Bantimurung Bulusaraung yang akan selalu kita pertahankan” tutur Iqbal abadi Rasjid di sela-sela upacara bendera.

Kibarkan bendera sang Merah Putih di segala penjuru Nusantara. Jayalah Indonesiaku. Kami siap bekerja bersama. Bersama membangun bangsa, menuju Indonesia maju. Merdeka!!! (ksdae.menlhk.go.id).

Sumber: Erista Murpratiwi dan Taufiq Ismail – Staf TN Bantimurung Bulusaraung.