image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Partisipasi Balai TN Bantimurung Bulusaraung di HUT ke -58 Kabupaten Pangkep

Partisipasi Balai TN Bantimurung Bulusaraung di HUT ke -58 Kabupaten Pangkep. Foto: BTNBABUL

Bantimurung, 24 Februari 2018. Hari yang cukup cerah, rombongan Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung mengunjungi wilayah kerja Resor Camba. Mengunjungi Dusun Pattiro dalam rangka mensosialisasikan rencana role model tata kelola zona tradisional yang berada di dusun itu. Rombongan itu berkunjung pada Selasa (27 Februari 2018).

Pada perayaan kali ini, mengusung tema “Dengan Kolaborasi Kita Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pembangunan Desa Moderen yang Produktif dan Berkarakter.”

Acara puncak hari jadi Kabupaten Pangkep ini dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. Juga hadir Bupati dan Wakil Bupati Pangkep beserta jajarannya, Ketua DPRD  Pangkep, dan Ketua Kejaksaan Pangkep. Tak ketinggalan Kepala Kepolisian Sektor Pangkep, para pimpinan UPT pusat di Pangkep, serta masyarakat Pangkep sendiri.

Pada hari jadi kabupaten Pangkep kali ini menggelar serangkaian kegiatan yang dimulai beberapa minggu sebelumnya. Kegiatan yang digelar di antaranya dzikir bersama, anjangsana ke panti asuhan, peresmian proyek, festival kuliner serta pameran pembangunan.

Sejumlah lomba juga dilaksanakan di antaranya lomba pidato tingkat SLTA dan lomba MTQ tingkat Kabupaten Pangkep.

Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung turut berpartisipasi pada pameran pembangunan yang digelar 22 sampai dengan 24 Februari 2018. Stan pameran taman nasional menampilkan potensi wisata unggulan yang berada di Pangkep. Adalah Kaawasan Wisata Leang Lonrong, Gua Kalibbong Aloa dan Kawasan Pendakian Bulusaraung mengisi tiap sudut stan ini.

“Pada pameran kali ini kami membagikan sejumlah bibit kepada masyarakat yang mengunjungi stan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Bibit yang kami bagikan adalah jenis durian dan manggis. Tak kurang 200 batang yang bagikan kepada pengunjung,” ujar Iqbal Abadi Rasjid, Kepala SPTN Wilayah I Balocci.

Semoga ke depan ikatan kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat terus terjalin untuk mendukung upaya konservasi di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. (ksdae.menlhk.go.id)

Sumber: Saiful Bahri – PEH Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung