image image image
The Kingdom of Butterfly Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, kaya akan jenis kupu-kupu “The Kingdom of Butterfly”.
The Spectacular Tower Karst Kawasan karst Maros-Pangkep terkenal dengan "tower karst"-nya, berupa bukit-bukit karst sisa pelarutan dan erosi yang berbentuk menara dengan lereng yang terjal tegak atau menggantung.
The Adventurer Paradise Kawasan Karst Maros-Pangkep seluas ± 40.000 Ha merupakan kawasan karst terluas dan terindah kedua di dunia setelah Cina, dan seluas ± 20.000 ha menjadi bagian dari ± 43.750 ha kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Kawasan ini merupakan surga bagi para petualang.
Berita

Posko Siaga Manggala Agni TN Bantimurung Bulusaraung Berhasil Kendalikan Kebakaran Lahan di Desa Pucak, Maros

Posko Siaga Manggala Agni TN Bantimurung Bulusaraung Berhasil Kendalikan Kebakaran Lahan di Desa Pucak, Maros. Foto: BTNBABUL

Bantimurung,  21 September 2018. Kebakaran lahan terjadi pada Minggu (16/8), di Dusun Pangembang, Desa Puncak, Tompobulu, Maros. Lokasi ini berada di luar kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Hanya saja jaraknya cukup dekat dengan daerah penyangga kawasan taman nasional yakni sekitar 4,2 km.

Personil Polsek Tompobulu kemudian menyampaikan informasi kebakaran ini kepada Posko Siaga Manggala Agni Brigae Macaca TN Bantimurung Bulusaraung melalui call center (0852 5448 1945) yang telah dirilis. Posko siaga kemudian menanggapi laporan ini dengan mengirimkan tim untuk melakukan size up di lokasi kebakaran.

Lokasi kebakaran merupakan areal penggunaan lainnya (APL) yang memiliki topografi cukup curam antara 30-45 derajat. Tim groundcheck kemudian melakukan koordinasi dengan aparat setempat : Polsek Tompobulu, Desa Pucak dan Kecamatan Tompobulu. Sebanyak 26 personil pemadam kemudian diterjunkan dengan rincian Polisi Kehutanan sebanyak 2 orang, Manggala Agni 17 orang, personil Polsek 2 orang, dan masyarakat setempat sebanyak 5 orang.

Dengan 20 unit jetshooter, peralatan tangan, satu unit slipon, dan satu unit pengangkut barang dimanfaatkan untuk menyuplai air, tim kemudian melakukan pemadaman api. Pemadaman dimulai Pukul 17.15 WITA. Setelah empat jam melakukan pemadaman akhirnya api dapat dikuasai. Tim kemudian melanjutkan proses mop up hingga pukul 21.30 WITA.

“Saya apresiasi kesigapan Posko Siaga Manggala Agni yang berhasil memadamkan api di Desa Pucak, Tompobulu, Maros”, pungkas Yusak Mangetan, Kepala Balai TN Bantimurung Bulusaraung  yang kami temui terpisah.

Luas kebakaran yang telah terjadi diperkirakan sekitar 2,7 ha. Aparat setempat dan masyarakat menyampaikan terima kasih atas bantuan Tim Posko Manggala Agni TN Bantimurung Bulusaraung. (ksdae.menlhk.go.id)

Sumber: Surapil – Polhut Balai TN Bantimurung Bulusaraung